Web Download Gratis - Disini saya akan menerangkan secara detail tentang cara membuat subtitle sendiri melalui 2 software yaitu Aegisub dan Corel Video Studio Pro X2.
Untuk pembuatan subtitlenya pake software Aegisub dan memasukkan subtitle secara permanennya dengan Corel Video agar subtitle tersebut otomatis muncul jika di putar di media player apa saja .. ya udd kita langsung saja ke TKP

Pertama, tentu saja Anda harus mengunduh software pembuat subtitle ini. Anda bisa mencarinya lewat Google, atau bisa langsung dengan mengklik link ini. Jika sudah, lakukan proses penginstalan seperti biasa. Pilih bahasa yang Anda inginkan sebagai bahasa software. Buka software pembuat subtitle ini. Halaman pertama kali Anda membuka software adalah halaman utama di mana subtitle tersebut akan Anda buat. Langsung saja klik menu "Video" lalu pilih "Open Video". Cari lokasi video Anda lalu buka. 
Halaman Anda kini akan memiliki player video, namun tanpa suara. Untuk memudahkan proses pembuatan subtitle, pilih menu Audio lalu Anda bisa memilih dua opsi. Opsi pertama adalah jika Anda ingin memasukkan audio lain, Klik "Audio", klik "Open Audio File". Artinya, Anda memilih audio yang ada di direktori Anda. Namun jika Anda ingin menampilkan audio dari video yang sudah Anda pilih, maka klik "Open Audio From File".


Langkah pertama, jika Anda ingin membuat subtitle dengan menggunakan capture pada video, Anda bisa mulai dengan mengklik tombol play pada video player di software ini. Atur waktu awal pada frame untuk subtitle Anda dengan mengklik ikon layar berwarna biru dengan memiliki garis waktu berwarna hijau. Ikon tersebut bisa Anda temukan di bawah menu "Automation" sebelah kanan "Audio". Anda harus memilih waktu akhir untuk satu frame subtitle Anda dengan mengklik ikon layar yang memiliki garis waktu berwarna merah. Letak kedua ikon ini berdampingan. Jika sudah kini saatnya Anda menulis subtitle dari waktu yang sudah Anda pilih tadi. Tulis subtitle tersebut pada kolom yang sudah disediakan di bawah audio player. Tulis seperti biasa. Jangan lupa untuk mengklik "commit" untuk menyimpan pekerjaan Anda. Lakukan langkah tersebut untuk setiap frame subtitle Anda.


Untuk memastikan apakah subtitle Anda keluar tepat pada waktunya, gunakan audio player untuk mengedit ulang setting waktu subtitle Anda. Anda bisa menggunakan garis merah dan garis orange untuk mengaturnya. Garis merah adalah pengaturan waktu awal, sedangkan garis orange adalah pengaturan waktu akhir. Geser dan sesuaikan dengan kalimat subtitle Anda. Klik "Commit" agar pekerjaan Anda tidak sia-sia.

Jika sudah, Anda bisa mengatur style subtitle Anda. Klik menu "Subtitles" lalu pilih "Styles Manager". Pilih New untuk membuat pengaturan style subtitle baru. Menu ini akan membawa Anda pada pengaturan font seperti biasa. Anda bisa menamai setiap pengaturan dengan nama yang Anda inginkan. Jika sudah, maka klik "Ok" setelah itu anda baru saja selesai membuat subtitle sendiri.
Untuk selanjutnya agar subtitle tadi yang sudah anda buat agar bisa permanen di putar dimediaplayer apa saja, ya tentu itu akan jauh lebih baik

Pertama, sobat blogger harus punya software yang bernama Corel Video Studo, dan kebetulan ane pake Corel Video Studio Pro X2…
Lihat pada gambar berikut :



Kemudian kita tinggal masukkan subtitle yang telah dibuat tadi deh, lihat pada gambar :
Caranya : Klik menu “Title” terus dibawah pjok ada Open Subtitle => Klik dan masukkan subtitle tadi yang sudah sobat simpan dan sobat bisa menyimpannya dengan format SubRib text subtitles atau .utf file dua”.a juga sama saja bisa dibuka di corel tenang saja J




  
Dan setelah itu tinggal sobat semua export deh dan simpan sesuai format yang sobat inginkan J
Ane sarankan agar lebih baik kualitasnya buat ke format Mpeg file
Terima kasih semoga membantu..
Yang masih bingung bisa berikan komentarnya diwah sini …

..Postingan Terkait..

Baca Juga !!